Beranda / Nasional / Ratusan Karyawan Freeport Datang dan Berdemo di Jakarta
Ratusan karyawan PT Freeport Indonesia berdemo di Jakarta, 7 Maret 2017

Ratusan Karyawan Freeport Datang dan Berdemo di Jakarta

-->

HarianPapua.com – Kurang lebih sekitar 200-an karyawan PT Freeport Indonesia rela terbang jauh-jauh dari Timika ke Jakarta untuk menyampaikan aspirasinya kepada Pemerintah Pusat. Rombongan karyawan ini berdemo di depan kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Selasa (07/03/2017) pagi.

Dalam aksi di Jakarta, para karyawan meminta kepada Pemerintah Pusat agar tidak memaksakan Freeport untuk menerima Ijin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) sebagai pengganti Kontrak Karya (KK). Alasannya selama ini karyawan Freeport sudah ikut andil menyumbangkan pemasukan negara lewat pajak, namun kini sebagian dari mereka justru dirumahkan karena kebijakan Pemerintah.

“Selama ini kami sudah turut berkontribusi untuk negara. Jadi pemerintah jangan bicara kepentingan negara namun tidak pikirkan nasib masyarakat yang bekerja di Freeport,” ujar Maikel Adi, koordinator aksi.

Ia menjelaskan karyawan yang datang merupakan karyawan yang masih bekerja di Freeport dan aksi ini juga bagian dari solidaritas kepada rekan-rekannya yang sudah dirumahkan. Pemaksaan KK menjadi IUPK menurutnya hanya akan menambah korban PHK karyawan lainnya.

Aksi karyawan Freeport ini dimulai jam 09.00 pagi WIB dengan mendapat pengamanan dari aparat kepolisian. Sementara itu pintu masuk menuju halaman kantor Kementerian ESDM dijaga ketat sejumlah petugas.

Freeport dalam informasi yang dihimpun telah merumahkan lebih dari 1000 karyawan akibat tidak terbitnya ijin ekspor konsentrat yang diproduksi di Tambang Grasberg. Ijin ini sudah dicabut pemerintah per tanggal 11 Januari 2017.

Pemerintah menawarkan ekspor tetap berjalan jika Freeport mau merubah KK menjadi IUPK, yang di dalamnya terdapat ketentuan divestasi saham Freeport sebesar 51 persen untuk Pemerintah.

Komentar Sahabat Harian Papua

Tentang Rikardo Kaway

Oktober 1992, Jalan-jalan dan nonton bola. Pendukung Persipura dan penggemar Arsenal.

Baca Juga..

Grosir Murah Masuk Ilaga, Komitmen Jokowi untuk Papua Tak Main-Main

HarianPapua.com – Setelah sebelumnya Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) pertama hadir di Ilaga Kabupaten Puncak ...