Beranda / Pilihan / Pulau Liki, Pulau Terluar Papua yang Keren Abis
Pulau Liki, Distrik Sarmi, Kabupaten Sarmi (foto istimewa/ Christopel Paino)

Pulau Liki, Pulau Terluar Papua yang Keren Abis

-->

HarianPapua.com – Membicarakan wisata bahari Papua memang tak pernah ada ujungnya. Hampir semua penjuru bahari Papua memiliki keindahannya masing-masing, pun dengan pulau yang satu ini. Meski namanya mungkin belum setenar Raja Ampat, namun Pulau Liki di Kabupaten Sarmi sangat recommended untuk kalian yang sedang mencari destinasi liburan.

Pulau Liki sangat menjanjikan bagi siapa pun yang berniat kesana. Gelombang ombaknya cocok untuk surfing atau selancar. Ini karena didukung garis pantai dengan pasir putih yang halus. Juga terumbu karang yang terjaga. Wisata bawah laut seperti snorkeling dan diving sangat sesuai.

Selain keindahan laut yang siap memanjakan kalian, di depan Pulau Liki yang langsung mengarah ke Samudera Pasifik terdapat spot bermain ikan lumba-lumba. Ikan-ikan ini dapat dilihat secara jelas meski hanya dari bibir pantai karena lokasi bermainnya yang suka mendekat ke pantai.

Di sore hari, Pulau Liki juga tak kalah dengan tempat wisata lain Papua dalam menawarkan senja ketika matahari akan tenggelam. Suasana ombak teduh dan angin yang sepoi pada sore hari membuat waktu bersantai menjadi lebih asyik.

Tentang Pulau Liki

Pulau ini merupakan satu dari beberapa pulau terluar yang ada di Tanah Papua. Letaknya berada di perairan utara Kabupaten Sarmi dengan total penduduk hanya 270-an jiwa.

Dalam memenuhi kebutuhan hidup, masyarakat Liki hanya sebatas menjual hasil kebun, seperti pinang, sayur-mayur, dan juga buah. Mereka menjual ke pasar dekat pantai. Pasar yang hanya buka pagi hingga menjelang siang. Sedangkan untuk tangkapan ikan mereka dapat langsung membawanya menggunakan speed boat ke Sarmi Kota. Hal ini dilakukan karena hampir semua penduduk Pulau Liki adalah nelayan.

Untuk akses transportasi ke pulau ini, wisatawan harus lebih dulu sampai di Sarmi sebelum melanjutkan perjalanan menggunakan speed boat. Jika dari Jayapura, maka kurang lebih delapan jam perjalanan darat harus ditempuh.

Biaya sewa speed boat berkisar 1 hingga 1,5 juta sehingga akan terasa mahal jika kalian hanya pergi seorang diri atau cuma berdua. Untuk itu, jika hendak merencanakan liburan kesini, ajaklah 5-6 kerabat atau keluarga sehingga biaya perjalanan dengan speed boat dapat ditanggung bersama-sama.

Yang pasti, berlibur ke Pulau Liki dijamin tak kalah menyenangkan dengan pantai-pantai indah lain di Papua.

Tentang Rikardo Kaway

Oktober 1992, Jalan-jalan dan nonton bola. Pendukung Persipura dan penggemar Arsenal.
  • Adri Anz

    Fishing Sport Rekomended, Jengriri Gode2 ,