Beranda / Ekonomi / Proyek Palapa Ring di Papua, 2019 Internet Kencang Hingga Pelosok
Menkominfo Rudiantara memberikan sosialisasi proyek Palapa Ring Paket Timur di Jayapura Kamis 23 Februari 2017

Proyek Palapa Ring di Papua, 2019 Internet Kencang Hingga Pelosok

-->

HarianPapua.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia secara resmi melakukan sosialisasi proyek Palapa Ring Paket Timur yang berlangsung di Gedung Kantor Gubernur Papua, Jayapura, Kamis (23/02/2017) kemarin.

Sosialisasi dilakukan agar pemerintah terlebih khusus masyarakat dapat memahami manfaat jangka panjang dari proyek tersebut yang akan menghasilkan layanan internet super kencang di seluruh pelosok Tanah Papua.

Proyek Palapa Ring Paket Timur ini akan membangun infrastruktur jaringan tulang punggung serat optik nasional yang membentang di empat provinsi masing-masing Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara yang hadir secara langsung di Jayapura menjelaskan proyek ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam adil membangun infrastruktur, khususnya untuk menunjang kelancaraan komunikasi lewat internet.

“Targetnya tahun 2019 jangan lagi ada daerah yang tidak kencang internetnya, atau layanan internet berbeda, harus sama,” ujar Rudiantara.

Dijelaskan lebih lanjut, tujuan Proyek Palapa Ring memang sebagai langkah percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi sehingga dari Indonesia Barat hingga Timur memiliki kecepatan internet yang merata.

Proyek di wilayah Indonesia Timur ini siap menjangkau 35 kabupaten/kota dengan total anggaran mencapai 5,1 triliun rupiah. Dana sebanyak itu, kata Rudiantara, akan digunakan untuk membangun kabel serat optik sepanjang 8.454 kilometer dengan kapasitas bandwidth 80 Gbps.

Ia berharap rencana besar ini dapat didukung semua pihak terkait tak terkecuali masyarakat Papua yang akan menikmati hasil dari proyek tersebut. Menurutnya, jika semua elemen pemerintahan baik pusat, daerah hingga pihak-pihak pendukung proyek dapat bersinergi, target 2019 proyek ini bisa selesai.

Sementara itu, senada dengan Rudiantara, Gubernur Papua Lukas Enembe meminta kepada jajarannya di kabupaten/kota seluruh Papua agar bersama-sama mendukung pengerjaan proyek ini. “Tak hanya kami di provinsi, tapi pemerintah kabupaten/kota juga harus mendukung proyek Palapa Ring Paket Timur agar berjalan lancar dan sukses hasilnya dinikmati,” ujar Enembe.

Selain Kemenkominfo, pihak-pihak lain yang turut hadir dalam sosialisasi ini yaitu Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI), PT Palapa Timur Telematika (PTT) dan perwakilan pemerintah daerah dalam hal ini Gubernur.

Komentar Sahabat Harian Papua

Tentang Rikardo Kaway

Oktober 1992, Jalan-jalan dan nonton bola. Pendukung Persipura dan penggemar Arsenal.

Baca Juga..

Jalan Trans Papua Telah Dibangun, Tudingan Natalius Pigai Keliru

HarianPapua.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan pembangunan jalan trans Papua memang ...