Beranda / Berita Papua / Polisi Tangkap “Tangan Nakal” yang Suka Pungli di Pelabuhan Jayapura
Pelabuhan Jayapura (foto: HarianPapua.com)

Polisi Tangkap “Tangan Nakal” yang Suka Pungli di Pelabuhan Jayapura

-->

HarianPapua.com – Tim Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPPL) Direskrim Umum Polda Papua membekuk satu oknum pegawai Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) yang sering melakukan pungutan liar (pungli) di lokasi bongkar muat kontainer Pelabuhan Jayapura.

Pelaku bernama Patadi (53 tahun) berhasil diamankan dalam operasi tangkap tangan pada Rabu 1 Maret 2017 beserta sejumlah barang bukti mulai dari uang tunai 500 ribu rupiah dan dokumen-dokumen penting lainnya.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan pelaku dalam menjalankan aksinya melakukan pungli sebesar 20.000 kepada masyarakat yang hendak mengurus ijin bongkar muat barang di Pelabuhan Jayapura. “Dia (pelaku) bilang itu untuk keamanan. Keamanan yang mana? Jangan-jangan nanti nama kepolisian yang dibawa-bawa,” ujar Kapolda.

Tak hanya itu, Waterpauw juga mempertanyakan legalitas pungutan yang dilakukan pelaku terhadap masyarakat. Ia cukup menyayangkan aksi tersebut bukan perintah resmi namun dilakukan secara liar.

Dalam operasi tangkap tangan itu, pihak kepolisian sebelumnya telah menerima laporan masyarakat terkait adanya pungutan liar di kawasan Pelabuhan Jayapura. Pelaku kini sudah dimintai keterangan untuk mengetahui siapa saja yang terlibat dalam aksi pungutan liar selama ini.

Penyidikan juga dilakukan agar kepolisian mengetahui bergerak kemana aliran dana pungli yang dikumpulkan pelaku. Bukan tidak mungkin, pelaku “tangan nakal” lainnya akan diangkut pihak berwajib.

Tentang Rikardo Kaway

Oktober 1992, Jalan-jalan dan nonton bola. Pendukung Persipura dan penggemar Arsenal.