Beranda / Berita Papua / Pemerintah Beri Hati, Freeport Minta Jantung
salah satu terowongan yang berada di daerah tambang Freeport (foto:faktafreeport)

Pemerintah Beri Hati, Freeport Minta Jantung

-->

HarianPapua.com – Polemik yang terjadi antara pemerintah pusat dan PT Freeport Indonesia terkait perubahan kontrak karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) belum juga menemukan titik terang.

Pemerintah bahkan lewat Kementerian ESDM menilai Freeport terlalu angkuh dan keenakan karena telah diberi kesempatan hingga lima dekade meraup untung di Papua.

“Mereka mungkin merasa keenakan, terus terang saja saya katakan mereka merasa keenakan, dengan mendapatkan keuntungan yang mereka nikmati, fasilitas yang mereka nikmati,” kata Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Bambang Gatot Ariyono dalam forum diskusi bertajuk “Bagaimana Nasib KK Freeport,” di Hotel Bidakara, Pancoran Jakarta, Senin (20/3).

Bambang lantas menyorot sikap angkuh Freeport yang enggan melakukan perubahan dari kontrak karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) dengan membandingkan dua raksasa tambang yang telah bekerjasama dengan pemerintah sejauh ini yaitu PT Amman Mineral Nusa Tenggara dan PT Vale Indonesia Tbk yang merupakan raksasa tambang asal Brasil.

“Kalau mau tetap KK (Kontrak Karya), harus ekspor mineral yang sudah dimurnikan, seperti Vale. Amman itu kehilangan (Wilayah Pertambangan) 41.000 hektar tapi malah menambah investasi US$ 9 miliar, membangun smelter di Sumbawa. Mereka oke-oke saja,” kata Bambang dengan nada geram.

“Kalau Freeport masih berpikir dengan cara lama, enggak akan selesai. Apa yang dikatakan mereka bilang kontribusi ke pemerintah sekian miliar dolar, yang dibawa pulang berapa? Harus fair dong. Mereka mungkin keenakan dengan fasilitas yang mereka nikmati sekarang,” ucapnya.

Dengan nada tegas Bambang pun menegaskan bahwa Freeport tidak akan pernah bisa melakukan ekspor konsentrat jika perusahaan asing multinasional milik Amerika Serikat tersebut enggan merubah kontrak karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Komentar Sahabat Harian Papua

Tentang Anwar Nasution

Pecinta film layar lebar dan kuliner Indonesia

Baca Juga..

7 April, Mahasiswa Duduki Kantor Gubernur Papua Minta Tutup Freeport

HarianPapua.com – Mahasiswa Papua yang berada di Kota Jayapura merencanakan aksi demo di Kantor Gubernur ...