Beranda / Bisnis / Pantai Kota Jayapura Tak Hasilkan PAD, Dinas Pariwisata Kerja Apa Saja?
Suasana di Pantai Hamadi belum lama ini (foto HarianPapua.com)

Pantai Kota Jayapura Tak Hasilkan PAD, Dinas Pariwisata Kerja Apa Saja?

-->

HarianPapua.com – Meski memiliki banyak potensi wisata alam, Pemerintah Kota Jayapura rupanya tidak mampu memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor ini. Ada beberapa wisata pantai seperti Base G, Hamadi dan Holtekamp namun semuanya ini tidak dikelola secara maksimal.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Jayapura, Fachruddin Pasolo mengakui minimnya kontribusi sektor pariwisata untuk mendongkrak PAD Kota Jayapura. Padahal andai dikelola secara baik, wisata alam di Kota Jayapura sangat berpotensi mendatangkan PAD.

“PAD dari pariwisata seperti pantai atau gunung itu tidak ada bahkan bisa dikatakan nol,” katanya, hari Selasa (2/5) lalu.

Ia menjelaskan, sebagai daerah yang berada di pinggir laut dengan banyak memiliki keindahan alam, PAD Kota Jayapura justru lebih banyak datang dari sektor ekonomi dan bisnis. Hal ini, kata Pasolo, terjadi karena pertumbuhan rumah makan, restoran, hotel dan tempat hiburan meningkat cukup pesat.

“Kalau dari hotel, rumah makan dan tempat-tempat hiburan justru sangat tinggi. Total 30 persen PAD Kota Jayapura datang dari sektor ini,” katanya.

Dalam catatan Pasolo, di tahun 2016 PAD Kota Jayapura berada di angka 164 miliar dan 30 persen dari total itu berasal dari sektor ekonomi dan bisnis.

Ia pun berharap ke depan ada peningkatan tata kelola wisata alam seperti pantai dan gunung dari dinas terkait sehingga dapat mendatangkan PAD lebih besar di waktu mendatang. Menurutnya, ketiadaan kontribusi sektor pantai dan gunung ini tak lepas dari keadaan masyarakat dengan hak ulayat tanahnya.

Tentang Rikardo Kaway

Oktober 1992, Jalan-jalan dan nonton bola. Pendukung Persipura dan penggemar Arsenal.