Beranda / Berita Papua / Mengalami Sakit, Pendaki Mancanegara Tak Mampu Gapai Puncak Cartensz
ilustrasi

Mengalami Sakit, Pendaki Mancanegara Tak Mampu Gapai Puncak Cartensz

-->

HarianPapua.com – Sebanyak tiga pendaki mancanegara asal India dan Bangladesh terpaksa dievakuasi ketika sedang berupaya menggapai Puncak Cartensz. Hal ini lantaran satu-satunya perempuan di antara ketiga pendaki tersebut mengalami sakit akibat cuaca ekstrim.

Kapolres Mimika AKBP Viktor Makbon menjelaskan ketiga pendaki ini terpaksa mengurungkan niatnya untuk sampai ke puncak karena salah seorang mengalami sakit.

“Evakuasi terhadap ketiga pendaki karena wanita bernama Nandita Nagangudar (India) mengalami sakit. Mereka juga kehabisan bahan makanan dalam perjalanan pendakian,” ujar AKBP Viktor Senin (19/6).

Dalam keterangan yang diberikan Kapolres, jalur yang digunakan ketiga pendaki ini yakni melewati jalur Nabire -Sugapa – Desa Suanggama – Dibasiga Camp – Puncak Cartensz. Ketiganya, datang ke Papua untuk mendaki Puncak Cartensz lewat salah satu jasa travel yang berkantor di Manado, Sulawesi Utara.

Adapun jalur pendakian menuju Puncak Cartensz dilakukan melalui jalur Nabire-Sugapa-Desa Suanggama-Dibasiga Camp-Puncak Cartensz. Berdasarkan laporan, ketiga pendaki itu memakai jasa travel PT Manguni Maleosan Indonesia Manado Adventure yang berpusat di Manado, Sulawesi Utara.

Kepala Imigrasi Timika Samuel Enock mengatakan ketiganya tidak bermasalah dalam urusan keimigrasian. Artinya kedatangan ketiga pendaki ini sudah melalui mekanisme yang benar.

Ia pun menjelaskan semua pendaki ini dijadwalkan akan kembali ke negaranya pada Kamis 22 Juni melalui Denpasar dan dilanjutkan ke India dan Bangladesh

Berikut ketiga nama pendaki tersebut :

1. Musa Ibrahim, 38 tahun (Bangladesh)
2. Satyarup Siddhanta, 34 tahun (India)
3. Nandita Nagangudar, 32 tahun (India)

Ketiganya ditemani salah seorang pendamping bernama Lauren Jantje.

Tentang Rikardo Kaway

Oktober 1992, Jalan-jalan dan nonton bola. Pendukung Persipura dan penggemar Arsenal.