Beranda / Berita Papua / Mantap, Papua Terpilih Sebagai Lumbung Pangan Nasional
Ilustrasi: Petani saat membersihksn gabah (foto: Antara)

Mantap, Papua Terpilih Sebagai Lumbung Pangan Nasional

-->

HarianPapua.com – Provinsi Papua ditetapkan sebagai lumbung pangan nasional oleh pemerintah pusat dengan merujuk pada data kajian ekonomi keuangan regional yang dikeluarkan Bank Indonesia pada November 2016.

“Pemerintah menetapkan Provinsi Papua sebagai lumbung pangan nasional guna memenuhi kebutuhan Indonesia akan energi dan pangan ke depan yang meningkat secara signifikan,” kata Staf Ahli Gubernur Bidang Kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya Manusia Annie Rumbiak kepada Antara, Rabu (12/40).

Annie juga menambahkan bahwa saat ini dengan total luas daratan Papua kurang lebih 35 juta hekatare yang 85 persen masih hutan lebat, Papua dapat menjadi tumpuan pembangunan ekonomi nasional di masa depan.

“Diharapkan 1,2 juta hektar di Kabupaten Merauke dapat dioptimalisasikan untuk memenuhi kebutuhan pangan setidaknya 30 persen total kebutuhan Indonesia dan mencukupi konsumsi beras bagi wilayah timur,” ujarnya.

Data yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia juga menunjukan adanya tren positif kontribusi pertumbuhan pada sektor ekonomi, perkebunan dan juga perikanan terhadap perekonomian di Papua.

Tentang Anwar Nasution

Pecinta film layar lebar dan kuliner Indonesia