Beranda / Berita Papua / Lima BUMN Turun Tangan Atasi Masalah Harga Semen di Papua

Lima BUMN Turun Tangan Atasi Masalah Harga Semen di Papua

-->

HarianPapua.com – Demi menurunkan harga semen yang begitu mahal di Tanah Papua, lima Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akhirnya menandatangani komitmen kerja sama distribusi semen ke Papua.

Kelima BUMN tersebut adalah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Pelni (Persero), PT Pelindo IV (Persero), PT Angkasa Pura I dan PT Pos Indonesia (Persero).

“Kerja sama diprioritaskan untuk pengiriman semen ke daerah Papua yang tingkat disparitasnya tinggi” ucap Direktur Pemasaran dan Supply Chain PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Ahyanizzaman di Jakarta, Kamis (27/4).

Seperti diketahui saat ini harga semen di beberapa kabupaten di wilayah Provinsi Papua masih sangat tinggi.

Sebut saja Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya dan juga beberapa wilayah pegunungan lainnya yang hingga saat ini harga semen berada di kisaran Rp 2,5 juta per sak.

Oleh karena itu, dengan menggandeng empat BUMN lainnya, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk berharap dapat memberikan harga semen murah yang dapat dijangkau semua kalangan masyarakat.

“Harga semen di Pegunungan Papua memang sangat ekstrem, karena medannya memang berat” katanya.

Demi menekan harga semen yang mahal di Papua, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk akan memanfaatkan program tol laut presiden Joko Widodo yang dikuasai PT Pelni (Persero).

Dengan status sesama BUMN, tentunya ada tarif khusus yang akan diberikan oleh Pelni untuk pengiriman semen ke Papua.

Sementara itu PT Pos Indonesia akan mengambil peran sebagai titik penjualan dimana semen yang dikirim dari Pulau Jawa akan ditampung dalam gudang-gudang milik PT Pos Indonesia.

Tentang Anwar Nasution

Pecinta film layar lebar dan kuliner Indonesia