Beranda / Berita Papua / Lakukan Liputan Jurnalisme Tanpa Izin, Dua Warga Negara Prancis Dideportasi
Kantor Dirjen Imigrasi/Foto: Istimewa

Lakukan Liputan Jurnalisme Tanpa Izin, Dua Warga Negara Prancis Dideportasi

-->

HarianPapua.com – Dua warga negara asing (WNA) asal Prancis, Franck Jean Pierre Escudie dengan nomor paspor 16AP4886G dan Basille Marie Longghamp dengan nomor paspor 16CY53672 dideportasi oleh pemerintah Indonesia setelah ketahuan melakukan liputan jurnalisme tanpa izin di wilayah provinsi Papua.

Dari keterangan pihak imigrasi, keduanya diketahui mendarat di Indonesia via Bandara Soekarno-Hatta dari Prancis dengan penerbangan Etihad EY 474 menggunakan fasilitas visa on arrival.

“Pada 11 Maret 2017 berdasarkan laporan masyarakat, petugas Imigrasi mendapati mereka berada di lapangan udara Mozes Kilangin Timika, dan akan menggunakan helikopter untuk kegiatan jurnalis untuk pengambilan gambar dari helikopter,” jelas Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM Agung Sampurno dalam rilis resmi yang diterima media ini, Minggu (19/3).

Kedua warga negara asing tersebut belakangan diketahui merupakan anggota dari tim The Explorers yang hendak melakukan peliputan untuk sebuah film dokumenter dengan judul “Papous La Grande Aventure”

Sesuai jadwal kegiatan yang telah disusun rapi oleh pihak produser program “The Explorers Network” yang berkedudukan di Prancis, lokasi-lokasi yang akan disyuting oleh kedua warga negara Prancis tersebut menggunakan dari udara yaitu Cartenz Piramid, Asmat, Lembah Baliem (Wamena) serta Raja Ampat dan Sorong.

Namun karena peliputan yang dilakukan tak memiliki izin dari pemerintah, akhirnya kedua WNA tersebut dipulangkan kembali ke negara asalnya.

“Mereka diberangkatkan melalui Bandara Soekarn-Hatta dan tiba pukul 18.40 WIB, kemudian dilanjutkan penerbangan menggunakan Etihad 0471 EDT pukul 00.00 WIB tujuan Jakarta-Abu Dhabi-Paris. Kedua WN Prancis tersebut disangkakan melanggar pasal 122 huruf a UU No 6/2011, menyalahgunakan tujuan pemberian izin tinggal,” tandas Agung.

Komentar Sahabat Harian Papua

Tentang Anwar Nasution

Pecinta film layar lebar dan kuliner Indonesia

Baca Juga..

7 April, Mahasiswa Duduki Kantor Gubernur Papua Minta Tutup Freeport

HarianPapua.com – Mahasiswa Papua yang berada di Kota Jayapura merencanakan aksi demo di Kantor Gubernur ...