Beranda / Ekonomi / Keren, Semakin Banyak Masyarakat Papua Nikmati BBM Satu Harga
(foto istimewa)

Keren, Semakin Banyak Masyarakat Papua Nikmati BBM Satu Harga

-->

HarianPapua.com – Program pemerintah pusat yang diinisiasi Presiden Jokowi soal penerapan Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga di seluruh Indonesia kini semakin banyak dinikmati masyarakat Papua.

Direktur Pemasaran PT. Pertamina (Persero), Muhammad Iskandar mengatakan saat ini sudah ada 11 wilayah di Papua yang menikmati harga BBM setara dengan kota-kota besar di Indonesia bagian barat.

“Bulan ini kami sudah tambah satu lagi di Nabire dan masih akan ada empat wilayah lagi yang bisa menikmati BBM satu harga ini hingga bulan Agustus,” ujar Iskandar, Rabu (24/5) kemarin.

Ia menyebut keempat wilayah tersebut saat ini belum dapat dipastikan karena masih dalam tahap peninjauan. Namun yang jelas, Pertamina sudah menyiapkan sekurangnya empat wilayah lagi yang akan menerima kebijakan BBM satu harga tersebut.

Lebih lanjut diakui Iskandar dalam membuka akses BBM satu harga di pedalaman Papua adalah tantangan yang cukup sulit mengingat medan yang tak mudah ditaklukan. “Ya itu yang kita harus hadapi demi kemerataan harga BBM,” katanya.

Pada hari Rabu 10 Mei 2017 lalu Pertamina telah meresmikan satu lagi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umur (SPBU) di Kampung Obano Kabupaten Paniai. SPBU ini akan menjual BBM dengan harga yang setara dengan Kota Jayapura.

Dalam kesempatan itu Retail Fuel Marketing Manager Pertamina MOR VIII, Zibali Hisbul Masih menjelaskan pihaknya bersyukur karena target pemerataan harga BBM dapat terus dilakukan. “Sesuai program Bapak Presiden Jokowi, Nusantara satu harga. Kita bersyukur karena sekarang masyarakat di Nabire juga bisa merasakan,” ungkap Zibali ketika melakukan peresmian (10/5) di Nabire.

Beberapa wilayah lain di Papua yang telah lebih dulu menikmati BBM satu harga adalah Kabupaten Waropen, Supiori, Jayawijaya, Boven Digoel, Keerom, Puncak Jaya, To­likara, Lanny Jaya, dan Yalimo.

Tentang Rikardo Kaway

Oktober 1992, Jalan-jalan dan nonton bola. Pendukung Persipura dan penggemar Arsenal.