Beranda / Berita Papua / Ikan Pelangi Hampir Punah, KKP Turun ke Danau Sentani
ikan pelangi (foto: dok dbagus)

Ikan Pelangi Hampir Punah, KKP Turun ke Danau Sentani

-->

HarianPapua.com – Pemerintah pusat lewat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah melakukan penelitian demi menyelamatkan jenis ikan yang sudah ‘hampir’ punah di Danau Sentani, Jayapura, Papua.

Lewat Badan Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDMP KP), pemerintah kini fokus untuk menyelamatkan jenis ikan pelangi yang mulai punah seiring berjalannya waktu.

“Melalui semangat untuk menumbuhkan sinergi antar lembaga di Papua melalui pengkajian karakterisasi raibow fishes (ikan pelangi) di Danau Sentani, Balitbangda Kabupaten Jayapura menggandeng Poltek KP Sorong,” ujar Kadarusman, selaku Pimpinan Riset Taksonom dan Dosen Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Sorong kepada Indopos, Sabtu (23/7/2016).

Lebih lanjut, Kadarusman mengatakan bahwa ikan pelangi di Danau Sentani dan sistem drainase asosiatifnya terdiri dari lima spesies (tiga genera), yaitu Chilatherina Sentaniensis, C. Fasciata, Glossolepis Incisus, G. Pseudoincisus, dan Melanotaenia Affinis dimana spesies Chilatherina telah berada dalam daftar ‘merah’ atau hampir punah dan harus segera diselamatkan.

Tentang Anwar Nasution

Pecinta film layar lebar dan kuliner Indonesia
  • Hasri yani

    perasaan ikan jenis ini masih buanyak buangett deh!