Beranda / Berita Papua / Hari Ini Perwakian Kementerian ESDM Bertemu Gubernur Bahas Freeport
Freeport Indonesia

Hari Ini Perwakian Kementerian ESDM Bertemu Gubernur Bahas Freeport

-->

HarianPapua.com – Perwakilan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dijadwalkan akan bertemu dengan Gubernur Papua Lukas Enembe hari ini, Kamis (09/03/2017) untuk membahas masalah kontrak PT Freeport Indonesia.

Tim ini dikabarkan sudah bertolak dari Jakarta pada Rabu malam tadi menuju Jayapura dan tiba Kamis pagi ini. Menurut rencana, agenda yang akan dibahas yakni tim Kementerian ESDM ingin melaporkan perkembangan sementara hasil negosiasi Pemerintah Pusat dan Freeport soal kelanjutan kontrak karya.

Selain menjelaskan status negosiasi yang akan berlangsung hingga maksimal 120 hari ke depan, tim Kementerian ESDM juga akan meninjau kondisi terkini di Papua pasca polemik Pemerintah-Freeport.

Hingga saat ini, negosiasi antara Pemerintah dan PT Freeport Indonesia belum menemui titik terang bagi kedua pihak. Indonesia ingin Freeport menerima Ijin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK), namun Freeport kekeuh Kontrak Karya diselesaikan dulu hingga tahun 2021.

Polemik ini membuat Freeport pada awal Februari lalu menghentikan sementara aktivitas menambang di Tambang Grasberg, yang berujung dirumahkan ribuan karyawannya.

Tentang Rikardo Kaway

Oktober 1992, Jalan-jalan dan nonton bola. Pendukung Persipura dan penggemar Arsenal.