Beranda / Berita Papua / Gara-Gara Minyak Goreng, Pesawat Angkat Ban Depan di Wamena
Kondisi Pesawat Tri-MG Asia Airlines saat bongkat muat di Wamena Senin kemarin (foto istimewa)

Gara-Gara Minyak Goreng, Pesawat Angkat Ban Depan di Wamena

-->

HarianPapua.com – Akibat beban muatan yang terlalu berat ke sisi bagian belakang, ban depan Pesawat Boeing 737 seri 200 milik Tri-MG Asia Airlines terangkat ke udara dan membuat sejumlah kru pesawat panik.

Kejadian ini terjadi Senin (03/04/2017) sore kemarin sekitar pukul 17.25 WIT saat tengah dilakukan bongkar muat barang di Bandara Wamena usai penerbangan dari Timika.

Saat kru pesawat sedang menurunkan barang, tiba-tiba pallet penampung beras dan semen meluncur ke belakang pesawat sehingga membuat badan pesawat tidak seimbang. Badan pesawat bagian depan pun langsung terangkat ke udara karena terlalu berat di bagian belakang.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal membenarkan adanya kejadian tersebut. Dari informasi yang diterimanya, penyebab muatan pesawat meluncur ke belakang lantaran ada tumpahan minyak.

“Jadi ada salah satu tempat minyak goreng yang tumpah membuat lantai kabin pesawat licin. Ini yang mendorong muatan menuju ke belakang pesawat. Akibat beban sudah berat di belakang, ban depan pesawat langsung terangkat,” katanya.

Ia mengatakan saat peristiwa itu terjadi, petugas pesawat sudah dengan sigap menurunkan beban yang ada di bagian belakang sehingga posisi pesawat kembali normal.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan Bandara Wamena tetap beroperasi seperti biasa. “Namun ada sedikit kerusakan di ekor pesawat yang saat ini masih diperiksa,” tandasnya.

Tentang Rikardo Kaway

Oktober 1992, Jalan-jalan dan nonton bola. Pendukung Persipura dan penggemar Arsenal.