Beranda / Ekonomi / Cabai Sering Mahal, Pemprov Papua Sarankan Masyarakat Tanam Sendiri
(foto IST)

Cabai Sering Mahal, Pemprov Papua Sarankan Masyarakat Tanam Sendiri

-->

HarianPapua.com – Pemerintah Provinsi Papua mengajak masyarakat untuk menanam sendiri cabai yang selama ini menjadi salah satu kebutuhan pokok bahan pangan. Melalui Badan Ketahanan Pangan dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Pemprov Papua telah mencanangkan agar masyarakat dapat menanam sendiri cabai di pekarangan rumah.

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Koordinasi Penyuluh Provinsi Papua Robert Edi Purwoko menjelaskan langkah ini diambil karena harga cabai sering melambung tinggi sehingga sangat menyusahkan masyarakat. Apalagi cabai merupakan salah satu penyumbang inflasi tertinggi di Papua.

“Harga cabai yang tinggi memang menjadi penyebab inflasi tapi sebenarnya hal itu bisa diatasi jika masyarakat mau memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam cabai,” ujar Robert, Senin (20/02/2017) kemarin.

Ia menyebuut saat ini pihaknya telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama Badan Ketahanan Pangan dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Papua untuk menyediakan bibit-bibit cabai yang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat dalam waktu dekat.

Upaya ini, kata Robert, merupakan bagian dari instruksi Menteri Pertanian agar harga cabai di tiap daerah tidak lagi melambung tinggi seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. “Dengan kerjasama semua masyarakat mudah-mudahan ke depan tidak ada lagi harga cabai mahal,” paparnya.

Di akhir tahun 2016, harga cabai di Kota Jayapura sempat menyentuh harga 120-130 ribu per kilo akibat cuaca buruk yang membuat banyak petani gagal panen. Kenaikan fantastis cabai ini juga memberikan dampak kepada sejumlah usaha masyarakat seperti rumah makan yang akhirnya ikut-ikutan menaikan harga jual.

Komentar Sahabat Harian Papua

Tentang Rikardo Kaway

Oktober 1992, Jalan-jalan dan nonton bola. Pendukung Persipura dan penggemar Arsenal.

Baca Juga..

Urusan Rumit Freeport, Pemerintah Indonesia Dinilai Salah Melangkah

HarianPapua.com – Kemelut yang terjadi atas kontrak karya PT Freeport Indonesia seharusnya tidak perlu terjadi ...